Total Tayangan Laman

Sabtu, 04 Desember 2010

C. Manfaat dan Dampak IPA dan Teknologi terhadap Kehidupan

Ilmu pengetahuan dapat diartikan sebagai aktivitas cara berpikir dan bekerja yang didasari pada observasi, identifikasi, deskripsi, penelaahan eksperimental atau penalaran teoritis dengan memakai cara-cara yang telah disetujui bersama terhadap fenomena-fenomena alamiah. Dapat juga diartikan kesimpulan-kesimpulan yang mantap yang diperoleh dari perkembangan pengetahuan (knowledge) yang didapat melalui analisis dan kesimpulan terhadap pengalaman-pengalaman yang sistemastis. Ilmu pengetahuan didapat dari pengalaman manusia selama berpuluh ribu tahun dalam usahanya mengartikan serta menalarkan fenomena alam dan hukum-hukumnya.
Wujudnya hubungan antara sesama manusia, isi dari alam semesta, kaidah-kaidahnya, baik secara sistematis disimpan, dan diperbaiki secara turun temurun. Yang benar diuji terus dan yang tidak benar ditinggalkan. Sebaian dari kesimpulan-kesimpulan yang telah diuji kebenarannya akhirnya didapat ilmu pengetahuan yang kemudian diterapkan dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk suatu yang berguna bagi kehidupan dan bentuk usaha ini disebut teknologi.
Teknologi dalam bentuk apapun akan sulit berkembang tanpa didukung oleh ilmu pengetahuan yang memadai. Ilmu pengetahuan juga sulit berkembang tanpa sarana pendidikan/laboratorium yang memadai, program nasional dan tradisi masyarakat yang menunjang. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dua hal yang tidak terpisahkan karena teknologi memerlukan ilmu pengetahuan untuk berkembang, sebaliknya ilmu pengetahuan dapat berkembang dari pengalaman lapangan yang didapat oleh teknologi dalam praktek. Teknologi dapat diperoleh dari perkembangan keahlian-keahlian dan keterampilan tertentu dalam praktik dan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama tanpa intervensi yang terlalu banyak dari ilmu pengetahuan.
Hasil ilmu pengetahuan dan teknologi telah merembes dalam kehidupan sehari-hari sedemikian rupa, sehingga orang menganggap sebagai sesuatu yang lumrah. Orang tidak lagi mempertanyakan bagaimana alat yang dipegangnya dapat bekerja sedemikian rupa. Di bidang energi, manusia telah mulai menerobos pemanfaatan sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung dan dalam bidang bioteknologi sudah diambang pintu untuk membuat protein melalui fermentasi sel-sel tunggal. Namun demikian, hasil yang paling penting bagi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sejarah manusia adalah memungkinkan penghapusan sistem perbudakan. Lebih dari itu, ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pemerataan demokrasi dalam kenyamanan yang diciptakannya. Unsur-unsur demokrasi atau pemerataan lambat laun merembes dalam kehidupan sehari-hari. Melalui ilmu pengetahuan dan teknologi lebih banyak orang dapat menikmati pendidikan melalui berbagai cara. Namun, dari segi lain dengan meluasnya kesempatan pendidikan menjadi semakin besar pula tuntutan masyarakat. Hal ini pun membawa distorsi atau ketegangan yang tidak dapat dielakkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar